Rabu, 28 Desember 2011


“NYAWAKU SAPU TANGANKU”

Kring..kriingg.kriing..
Suara hp ane berdering,ternyata yudi yang menelpon.”Halo,sayang” kata yudi. ”ia,ada apa ??”
Tumben kamu telpon aku. ”anepun menjawab. ”gpp ko sayang  aku Cuma kangen aja sama kamu.Udah lama juga kan kita ga pernah telpon-telponan.hehhehhehhe”. ”iya sih,tapi kan tiap hari kita bisa ketemu di sekolah.kamu lebay ni” sahut ane. ”yaudah deh aku matiin telponnya.Besok pagi aku jemput yah kita pulang bareng.jangan lupa makan yah sayang.love u”. ”iya sayang,kamu juga jangan lupa makan yah,love u too” ane pun menutup telponnya dan melanjutkan mengerjakan tugas yang di berikan oleh bu susan.
                                                ***
          Ane menunggu yudi yang ingin menjemputnya di  depan rumah.Ane selalu melihat jam tangan yang berada di tangannya yang mungil berwarna kuning langsat karena yudi tak kunjung tiba,ane khawatir terhadap yudi.Banyak pikiran yang muncul dalam fikiran ane.Ane takut terjadi sesuatu terhadap yudi tapi satu pihak ane takut yudi berbohong terhadapnya dan akhirnya yudi tidak menjemput dirinya,cemas dan takut adalah perasaan yang menyelimuti dirinya kini.Beberapa saat kemudian terdengar suara motor yang mirip dengan suara motor yudi.Ane pun langsung menengok ke sumber suara tersebut untuk memastikan apakah benar atau tidak yudi yang datang.Tepat pukul 6.30 yudi datang menjemput ane. ”kamu kemana aja sih jam segini baru dateng,aku tuh capek tahu tungguin kamu dari tadi di sini kaya orang bodoh”. ”maaf yah sayang tadi di jalan macet makanya aku telat,yudah sekarang kamu naik janganmarah lagi yah.mavin aku” yudi memohon pada ane.Akhirnya tepat bel berbunyi yudi dan ane pun sampai di sekolah,lalu mereka pun bergegas ke kelas agar mereka tidak terlambat masuk kelas.
                                                ***
          Teeeeeettttt..... ttttttttteeeeettttttttt.ttetetettttttttt.
Bel pun berbunyi,waktu istirahat pun tiba,yudi lalu datang dan menghampiri ane di kelasnya. ”sayang,kita kekantin yu”. ”ayu” ane pun menjawab. ”tungguin w dong,w ikut ke kantin bareng kalian yah,” yasmin dan dinda berteriak. ”iya,w tungguin,cepet yah soal’a w dah laper ni.hehhhe” seru ane.Akhirnya mereka pun pergi ke kantin bersama-sama.Sesampainya di kantin dias dan adit menghampiri yudi dan yang lainnya di kantin. ”weh sob,kemana aja lo dari tadi w  cariin juga” seru dias. ”sori sori tadi w langsung ke kelas ane terus ngajak dia ke kantin lagi si kalian ninggalin w ke kamar mandi,jadi w tinggalin aja”.Akhirnya mereka makan bersama.
                                                ***
          “Ane,,Anee..” ka yovi berteriak memanggil ane. ”ia,ka sebentar aku lagi beresin buku dulu,nanti aku turun”. ka yovi pun berteriak kembali ”cepatlah sedikit ane,papah dan mamah sudah nungguin kamu dari tadi. ”ia,ia aku turun sekarang”.Akhirnya ane pun sampai di meja makan dan segera melahap makanan yang di siapkan mamah. ”gimana sekolah kamu ne ??” papah bertanya pada ane.”biasa aja pah,kaya biasanya ga ada yang spesial”.Papah pun melanjutkan pertanyaanya pada ane “yakin ga ada yang spesial?? Bukannya kamu bisa ketemu yudi lagi tiap hari memangnya itu ga spesial buat kamu ne??”. ”ia,ne memang  ketemu yudi ga bikin kamu merasa spesial ne?” mamah dan ka ovi langsung menyambar kata-kata papah yang menyudutkan ane.ane hanya tersenyum dan melanjutkan makannya.
                                                ***
          “Kamu kenapa yud?,keliatannya bingung dari tadi”mamah bertanya pada yudi.”aku bingung mah,besok aku mau ngasih hadiah spesial buat ane tapi aku bingung mau kasih apa ke ane mah”.mamah pun menjawab “ya ampun kamu tuh yud gitu aja di bingungin,kamu kasi aja yang simpel  tapi berharga buat ane”.”tapi apa mah aku bingung yang simpel tapi berharga”.”kamu kasi aja sapu tangan kesayangan kamu ke ane,itu kan berharga banget buat kamu”.yudi langsung pergi dan menjawab”terimakasih ya mah”.
                                                ***
          Yudi menghampiri ane yang sedang berdiri di samping gerbang sekolahnya “pagi ane”yudi menyapa ane.”pagi juga yud,ada apa ? tumben banget kamu pagi-pagi sudah datang” yudi pun terdiam sejenak dan menyodorkan sapu tangannya ke ane “aku,mau kasi kamu ini ne ke kamu,maaf aku Cuma bisa kasi ini ke kamu,bukan aku pelit ga bsa ngasi kamu yang mahal,tapi ini adalah berharga buat aku,ini  adalah sebagian hidup aku,aku mau kamu jaga sapu tangan ini kalo sampe sapu tangan ini hilang kamu juga akan ke hilangan aku” ane pun menjawab”ya,sayang,aku janji akan jaga sapu tangan kamu ini”.”oya,ne hari ini aku ga bisa anter kamu pulang soalnya adit dan teman-teman yang lain ngajak aku bolos hari ini kita mau ke puncak”kata yudi.”iia,yud gak apa-apa aku bisa pulang sendiri ko ane hanya tersenyum melepas kepergian yudi yang meninggalkannya sendiri
                                                ***
          Jam olah raga pun selesai ane segera kembali ke kelas untuk mengganti pakaian olah raganya dengan seragam putih abu-abunya,ketika ia membuka tas ane pun terkejut karena sapu tangan pemberian yudi tidak ada di tasnya,ane pun panik dan membongkar semua isi dalam tasnya sehingga semua buku-buku ane tercecer dan berantakan,ane bingung harus bagaimana karena ane takut dengan yudi  jika ia tahu sapu tangan pemberiannya hilang.Setelah lama ane mencari dan ternyata tidak ia temukan lalu ane menelpon adit dan berniat untuk menceritakan pada adit.”halo,adit ni w ane.lo lagi sama yudi ga ?”.adit segera menjawab “ia ne  ada apa telpon w,ia w gy sama yudi dan yang lainnya kita lagi di jalan mau pergi ke puncak ni ne”.”owh,dit w mau cerita tapi lo janji yah jangan bilang ke yudi”.”iia ne ada apa”.”gawat dit,sapu tangan yang di kasi yudi tadi pagi ilang,padahal tadi ada sebelum w olah raga dan dikelas ga ada orang dit jadi ga mungkinn banget kan kalo di ambil orang”.”ah,yang bener ne,coba lo cari lagi kali aja keselip”seru adit.”udah,dit tapi ga ketemu,w mohon dit sama lo jangan bilang ke yudi yah”.”ia”adit mengakhiri telponnya
                                                ***
          Yudi,adit,dias dan kawan-kawan yang lain pergi ke puncak.tiba-tiba riko mempunyai ide untuk trek-trekan dengan taruhan 50.000 masing-masing,yudi yang berboncengan denga rendy langsung mengiayakan ide yang dilontarkan oleh riko,akhirnya mereka pun trek-trekan.Yudi yang mengendarai motornya sangat kencang bagaikan balapaan di sirkuit itu tiba-tiba menabrak pintu mobil angkot yang sedang di dorong oleh supirnya karena mogok,lalu mental jauh sekali hingga 5 km itu.Teman-teman yudi yang kaget melihat kejadian itu segeraa membawa yudi ke rumah sakit.
                                                ***
          Ane datang ke rumah sakit dengan air mata yang bercucuran di matanya yang sangat indah itu,”bagaimana,keadaan yudi sekarang ias??”ane langsung bertanya pada dias yang berada di depan kamar yudi.”yudi,koma ne” ane menangis sekencang-kencangnya sambil berlari masuk ke kamar yudi dan memeluk yudi.Ane menunggu yudi di rumah sakit seharian,dan tepat pukul 2 yudi tersadar dan mencari ane.Aneyang menyadari kesadaran yudi langsung memegang tangan yudi dan berbicara dengannya “kamu kenapa sayang ? kamu baik-baik aja kan ? aku,minta maaf banget karena aku ga bisa jaga sapu tangan yang kamu kasi ke aku”.Yudi hanya tersenyum dan beberapa saat kemudian yudi kejang  lalu ane berteriak memanggil dokter namun dokter tidak bisa berbuat apa-apa dan akhirnya yudi menghembuskan nafas terakhirnya.Ane syok,ia pun menangis tersedu-sedu  sampai ia tidak sadarkan diri.
                                                ***
          1 minggu sudah kepergian yudi akhirnya ane masuk ke sekolah kembali setelah sekian lama ia mengurung dirinya di kamar.”hai,ne udah baikan ?” tanya yasmin yang di sambut oleh teman-temannya yang lain.Ane hanya tersenyum menjawab pertanyaan yang di lontarkan yasmin.Ane tersenyum di balik hatinya yang masi kelabu karena kepergian yudi orang yang sangat di cintai ane dan mencintai ane.ketika ane dan teman-temannya sedang mengobrol tiba-tiba saja hp  ane berbunyi,ternyata mamah yudi menelpon ane.”halo,ane bisa ke rumah tante setelah pulang sekolah ?”lalu ane pun menjawab “ia,tante ane nanti ke rumah sepulang sekolah”dan ane pun mengakhiri telponnya.
                                                ***
`        Akhirnya ane pun sampai di rumah yudi.”tante ada apa nyuruh ane ke sini?” mamah yudi pun menjawab pertanyaan ane “tante,Cuma mau ngasi ini ke kamu”mamahnya yudi memberikan ane sapu tangan kesayangan yudi yang pernah di kasi ke ane.ane pun terkejut melihat sapu tangan tersebut karena sapu tangan itu sudah hilang setelah yudi memberikannya ke ane.”tante,dapet  dari mana sapu tangan itu ?”ane langsung menanyakannya kepada tante dinda(mamahnya yudi).”tante,menemukannya saat tante sedang membereskan kamar yudi.sapu tangan itu terlipat rapi di atas meja belajar yudi”.”Tante yakin ? karena sapu tangan itu hilang sama ane setelah yudi memberikannya kepada ane”.tante dinda pun menjawab”mungkin ni pertanda yudi ingin meninggalkan kamu ne”.Ane yang mendengar penjelasan tante dinda tersebut merasa bingung dan ane menyimpan baik-baik sapu tangan yang di beriksn yudi sebagai kenangan yang indah


                                                CREATED BY FEMILA GITA FERNINDA

3 komentar:

  1. soo sweet banget siihh..
    tapi gk lebay juga kli masaa si yudi nabrak pintu angkot kelempar'a sampe 5 kilometer yg bener aje....
    1 kilometer aja udeh jauh bangat...
    aduhh ini sih bukan cerpen nama'a tapi CURHAT HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  2. makasii yah buat kritik'a..
    nama'a juga imajinasi di tambah bumbu" dikit lah biar menarik
    hehehhehehe

    BalasHapus
  3. hahhahha besok" bikin buku novel aja yak sekalian kali aja laku keras huhuhuh....

    BalasHapus